Layanan Pertanahan

Berita

Tautan Luar

Thursday, September 22, 2011

JUMLAH PPATS/ CAMAT TAHUN 2011 DI KAB.TASIKMALAYA BERTAMBAH 11 ORANG

Setelah kurang lebih 2 tahun tidak ada pelantikan PPAT Sementara/ Camat seiring dinamika perpolitikan pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya, tanggal 21 September 2011 Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten Tasikmalaya melaksanakan pelantikan kepada 11 PPATS dari  bertempat di Hotel Mandalawangi Jl. RE. Martadinata Kota Tasikmalaya, sehingga jumlah PPATS yang semula 3 orang bertambah menjadi 14 orang.

Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Barat No. 127/Kep.32.11/IX/2011 tanggal 8-09-2011 tentang Penunjukan Camat Sebagai Pejabat Pembuat Akta Tanah Sementara (PPATS) sebagai berikut;

1.     H.E. Agus Muslim, S.Pd (Camat Pancatengah)

2.     Zakaria, S.IP (Camat Sukaraja)

3.     Drs. Yayat Suryatna (Camat Bojongasih)

4.     Aa Khoerudin, S.IP (Camat Sariwangi)

5.     Drs. H. Ading Abd. Kodir, M.Ag (Camat Mangunreja)

6.     Drs. Iing Farid Khozin, M.Si (Camat Pagerageung)

7.     Drs. Tasri Sutasri, M.Si (Camat Sukaresik)

8.     H. Nono Darso, S.IP (Camat Culamega)

9.     Herry Kustiawan, S.Sos MM (Camat Sukahening)

10. Drs. H. Abdul Rohman (Camat Rajapolah)

11. Tisna Sendjaja, S.Sos (Camat Cibalong)

12. Maman Rahman Efendi, ST (Camat Sukarame)

13. H. Toto Taufik Rachman, S.Pd (Camat Karangnunggal)

Namun ada 2 orang yang tidak hadir dari Camat Culamega dan Sukarame, sehingga hanya 11 orang yang dilantik sebagai PPATS. Hadir dalam acara pelantikan itu para pejabat struktural beserta staff Kantah Kab. Tasikmalaya, Ketua IPPAT Kab. Tasikmalaya Sdr. Muljadi, SH. Dalam kata sambutannya, Bpk. Cecep Bagja Gunawan menyampaikan beberapa pesan moral, khusus bagi PPATS yang dilantik dan PPAT/ Notaris lain pada umumnya, bahwa dengan telah dilantiknya sebagai PPATS, maka langkah pertama yang harus segera dilaksanakan membuat papan mana PPATS, contoh tandatangan dan paraf serta cap PPATS.

Selanjutnya baik PPATS maupun PPAT bekewajiban untuk taat pada aturan yang berlaku yaitu PP No. 24 tahun 1997 jo. PP No. 37 tahun 1998 serta Undang-undang No. 28 tahun 2009 yang ditindaklanjuti dengan Perda Kab. Tasikmalaya No. 2 tahun 2011 tentang Retrisbusi Daerah dan Pajak daerah.

Yang wajib para PPATS perhatikan adalah kecakapan para pihak yang menghadap dalam pembuatan akta, menurut BW telah cukup umur 21 tahun (Dewasa).

Untuk itu Bpk. Cecep mengingatkan kepada para camat yang telah dilantik sebagai PPATS perlu dilakukan pembinaan dan pengarahan lebih lanjut juga kepada para Kepala Desa dalam upaya memberikan pembekalan pengetahuan tentang pertanahan sebagai wujud meningkatkan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik demi kelancarana proses pensertipikatan tanah.


Admin Kab.Tasikmalaya